Harga Suzuki Karimun Wagon R AGS dan Rahasia Kelemahan Kelebihannya

Harga Suzuki Karimun Wagon R AGS | Mobil ini memiliki spesifikasi inteiror maupun eksterior yang menyimpan banyak kelebihan. 
Performa mesinnya yang lumayan untuk ukutan mobil LCGC, membuatnya cukup diminati oleh banyak kalangan. Tetapi bukan berarti mobil ini hadir tanpa kekurangan.

Walaupun terjadi sedikit penurunan dalam pasar mobil di Indonesia namun sepertinya Suzuki tetap optimis untuk menciptakan produk-produk terbarunya.

Padahal untuk beberapa perusahaan bahkan sekarang ini mulai mengurangi produksi mobil terbarunya.

Dengan keoptimisannya ini Suzuki kembali mengeluarkan produk terbarunya yang berupakan versi terbaru dari Suzuki Karimun Wagon R.

Mobil ini hadir dengan nama Suzuki Karimun Wagon R AGS yang akan menyasar pada mobil ramah lingkungan Low Cost Green Car (LCGC).

Mobil ini hadir dengan berbagai fitur yang siap untuk mencuri perhatian para pecinta otomotif di Indonesia. 

Selama beberapa waktu terakhir setelah secara resmi diluncurkan, bisa dikatakan bahwa Suzuki Karimun Wagon R AGS telah cukup sukses dalam memasuki pasar otomotif nasional. 

Mobil ini termasuk mobil tipe City Car yang paling diminati, terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan. 

Tampilan Suzuki Karimun Wagon R AGS
Tampilan Suzuki Karimun Wagon R AGS
Mobil ini membawa konsep mini dan ramah lingkungan dan berusaha untuk membawa warna baru dalam dunia otomotif Indonesia yang sempat lesu.

Sebelumnya Suzuki juga telah sukses dnegan produk berpenampilan minimalis Suzuki Karimun Wagon R yang membawa konsep SUPER DRIVE nya. 

Nah, dengan menghadirkan versi terbarunya yaitu Suzuki Karimun Wagon R AGS, Suzuki ingin semakin semakin memantapkan posisinya pada segmen mobil LCGC. 

Pada produk terbaru ini Suzuki tetap mempertahankan mesin yang berkubikasi mencapai 998 cc dan menggunakan 12 silinder. 

Mobil ini sendiri sebenarnya secara lebih kusus ditujukkan bagi anda yang tinggal di kota-kota besar dan memiliki rutinitas yang padat. 

Kehadiran Suzuki Karimun Wagon R AGS juga membawa aura baru dengan disematkannya teknologi terbaru Suzuki yaitu Auto Gear Shift (AGS). 

Suzuki Karimun Wagon R AGS menggunakan sistem transmisi ganda yaitu sistem transmisi automatic (AT) dan juga sistem transmisi Manual (MT) nah, teknologi ini lah yang memungkinkan pengendaranya untuk melakukan pergantian mode transmisi. 

Secara lebih jelasnya mari kita simak bersama ulasan mengenai Suzuki Karimun Wagon R AGS

Dan tentunya di bagian pembahsan akhir nantinya kita juga akan membahas mengenai harga yang disematkan untuk mobil ini. Oke langsung saja ke bagian pembahasannya.

Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R AGS Terbaru

Desain Eksterior Suzuki Karimun Wagon R AG

Pada pembahasan yang pertama kita akan mengulas penampilan luar dari Suzuki Karimun Wagon R AGS. Pada versi terbaru mobil LCGC ini Suzuki tidak melakukan perubahan desain body yang terlalu signifikan. 

Hanya saja untuk tampilan fascia Suzuki Karimun Wagon R AGS kini menjadi lebih elegan dibangingkan dengan Suzuki Karimun Wagon R generasi pendahulunya. 

Penampilan ini didukung dengan adanya headlamp berbentuk kotak yagn ditempatkan di kedua ujungnya.

Kemudian desain tampilan ini dipadukan dengan logo Suzuki di bagian tengah dan adanya aksen Chrom yang membuatnya nampak semakin elegan.

Tampilan Eksterior Suzuki Karimun Wagon R AGS
Tampilan Eksterior Suzuki Karimun Wagon R AGS

Tidak berhhenti sampai disitu, Suzuki Karimun Wagon R AGS juga memiliki tampilanFront Grill yang semakin terlihat mewah. 

Di bagian bawahnya terdapat dua buah lampu tambahan yang mengadaptasi bentuk bulat melingkar. 

Beralih ke bagian bentuk bodynya, Suzuki Karimun Wagon R AGS masih mempertahankan bentuk boxy nya yang kemudian dipadukan dengan penampilan lekukan lembut yang membuatnya begitu elegan. 

Untuk penampilan buritannya Suzuki Karimun Wagon R AGS tetap mempertahankan penampilan belakang utama yang diposisikan berdiri. 

Hanya saja untuk secara keseluruhan penampilan baru dari Suzuki Karimun Wagon R AGS ini nampah lebih stylish dan elegan dibandingkan versi pendahulunya.

Tampilan Interior Suzuki Karimun Wagon R AGS

Setelah membahas mengenai tampilan luar dari Suzuki Karimun Wagon R AGS, kini saatnya kita mulai memasuki kabin dari mobil ini. 

Meskipun Wagon R AGS termasuk ke dalam kategori mobil kecil namun kabin dari mobil ini termasuk dalam kategori cukup mewah. 

Ukuran kabinnya mampu menampung hingga lima orang termasuk sopirnya, selain itu dengan jumlah penumpang ini Suzuki Karimun Wagon R AGS masih terlihat cukup lega. 

Hal ini lah yang membedakannya dengan tipe mobil LCGC lainnya yang biasanya tidak terlalu lega.

Tampilan Interior Suzuki Karimun Wagon R AGS
Tampilan Interior Suzuki Karimun Wagon R AGS

Ruang Suzuki Karimun Wagon R AGS  yang lega ini juga didukung dengan penampilannya yang cukup mewah. 

Pada bagian joknya Suzuki memasangkan high quality leather, sehingga penumpangnya akan mendapatkan kenyamanan ekstra. Kemewahan ini juga terlihat pada bagian kemudinya yang sebenarnya terlihat sederhana.

Untuk dasbornya, Suzuki Karimun Wagon R AGS memiliki beberapa panel pendukung seperti adanya panel speedometer panel penunjuk indikator bahan bakar dan juga penunjuk posisi gigi saat menggunakan sistem transmisi manual. 

Semakin menambah kesan mewahnya Suzuki Karimun Wagon R AGS juga menggunakan sistem audio berkualitas yang pada bagian sampingnya juga terdapat panel pengatur AC yang akan semakin menyamankan pengendaranya. 

Selain itu Suzuki Karimun Wagon R AGS juga memiliki kapasitas bagasi yang cukup luas untuk sebuah mobil LCGC. Anda bisa membawa sebuah sepeda lipat menggunakan bagasi yang disediakan ini.

Dimensi Suzuki Karimun Wagon R AGS yang Minimalis

Selanjutnya kita akan membahas mengenai ukuran dimensi dari Suzuki Karimun Wagon R AGS. 

Selain masih mengadaptasi tampilan luar dan dalam dari versi sebelumnya, Suzuki juga masih mempertimbangkan ukuran dimensi untuk mobil Suzuki Karimun Wagon R AGS ini. 

Secara matematis mobil Suzuki Karimun Wagon R AGS memiliki panjang body mencapai 3635 mili meter dengan lebar 1475 mili meter dan meiliki tinggi mencapai 1670 mili meter. 

Dalam keadaan kosong mobil ini memiliki bobot yang cukup ringan yaitu 835 kilo gram. Sementara untuk jarak poros rodanya mobil ini memiliki ukuran 2400 mili meter. 

Dimensi Suzuki Karimun Wagon R AGS
Dimensi Suzuki Karimun Wagon R AGS
Ukuran poros ini membuat Suzuki Karimun Wagon R AGS menjadi lebih mudah untuk diajak bermanuver.

Guna mendukung dimensi dari mobil ini, Suxuki memilih suspensi tipe MacPheron yang disematkan pada bagian depannya. 

Sedangkan untuk suspensi di bagian belakang Suzuki masih mempercayakan pada sistem coil spring. 

Kemudian dibagian keamanan pengereman, Suzuki Karimun Wagon R AGS menggunakan teknologi vertilated disc di bagian pengereman depan sedangkan untuk dibagian belakang Suzuki Karimun Wagon R AGS menggunakan sistem pengereman drum.

Di samping itu guna meningkatkan kenyamanan pengemudi saat berkendara, Suzuki Karimun Wagon R AGS menggunakan teknologi Rack dan Option, sehingga mobil akan semakin mudah dikendalikan.

Mesin Suzuki Karimun Wagon R AGS dilengkapi Teknologi Auto Gear Shift

Pada segmen ini akan diulas secara lebih mendalam mengenai dapur pacu dari Suzuki Karimun Wagon R AGS. Mobil ini sebenarnya masih tetap menggunakan mesin bertipe DOHC dengan 12 katub yang memiliki kapasitas mencapai 998 cc. 

Dalam menggerakkan mobil mungil ini mesin degnan tiga silinder dalam Suzuki Karimun Wagon R AGS bisa menyemburkan tenaga hingga 68 PS untuk putaran 6200 rpm dan torsi maksimal yang dihasilkan bisa mencapai 90 Nm untuk putaran 3500 rpm.

Spesifikasi mesin ini memberikan keterangan bagi kita bahw Suzuki tetap menjejalkan mesin berkarakter tangguh meskipun hanya untuk menggerakkan sebuah mobil berukuran minimalis. 

Mesin Suzuki Karimun Wagon R AGS
Mesin Suzuki Karimun Wagon R AGS
Kemudian mesin yang digunakan oleh Suzuki Karimun Wagon R AGS juga didukung dengan adanya teknologi Electronic Control Unit (ECU) yang akan membuat mesin ini menjadi lebih irit dalam pengonsumsian bahan bakar. 

Selain itu Suzuki Karimun Wagon R AGS juga memiliki teknologi Transmission Control Modul (TCM).

Fitur Transmission Control Modul merupakan teknolog canggih dari Suzuki yang memungkinkan pengemudi untuk bisa melakukan perpindahan gear dalam kurun waktu singkat sehingga seolah-olah sedang menggunakan transmisi tipe otomatis, selain itu sistem ini juga memungkinkan mobil menjadi lebih hemat bahan bakar seperti halnya pada sistem transmisi tipe manual. 

Dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Suzuki Karimun Wagon R AGS memiliki teknologi Auto Gear Shift yaitu sebuah teknologi yang mengijikan pengemudi untuk melakukan pilihan sistem transmisi antar transmisi automatis (AT) ataupun sistem transmisi manual (MT)

Fitur Penunjang Suzuki Karimun Wagon R AGS Matic yang Lengkap

Puas membahas mengenai berbagai tampilan luar maupun dalam serta mengulas spesifikasi dari dapur pacu Suzuki Karimun Wagon R AGS, kini saatnya kita minilik pada fitur penunjang yang disematkan pada mobil ini. 

Dimulai pada fitur keamanan, mobil ini memasangkan sabuk pengaman pada bangku kemudi yang akan memberikan keamanan bagi pengemudinya. 
Fitur Penunjang Suzuki Karimun Wagon R AGS
Fitur Penunjang Suzuki Karimun Wagon R AGS
Karimun Wagon R tipe terbaru ini juga memiliki fitur berteknologi immobilizer dengan sistem sinyal pengunci yang dihubungkan pada ECU mesin. 

Pada bagian keamanan Suzuki Karimun Wagon R AGS juga mengusung teknologi keyless entery yaitu teknologi yang tidak memperbolehkan kunci selain kunci asli untuk menghidupkan mesinnya. 

Selain itu mobil ini juga telah memiliki teknologi child prof rear door untuk bagian pintu belakangnya.

Rangkuman Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R AGS Matic

Mesin
  • Seri mesin : K10B, DOHC
  • Kapasitas Silinder : 998 cc
  • Jumlah Silinder : 12-valve engine
  • Jumlah Katup : 12
  • Diameter x Langkah : 73 x 79.5 mm
  • Perbandingan Kompresi : 1:10
  • Tenaga Maksimum : 68 ps / 6200 rpm
  • Torsi Maksimum : 90 Nm / 3500 rpm
  • Sistem Bahan Bakar : Multi Point Injection
  • Bahan Bakar : Bensin Tanpa Timbal
  • Kapasitas Tangki bahan bakar : 35 L
  • Sistem Kemudi : Electronic Power Steering with tilt steering
  • Steering : Rack & Pinion
  • Transmisi Tipe : 5 Speed MT
  • Rasio gigi akhir : 4,388
Dimensi
  • Panjang Keseluruhan : 3.600 mm
  • Lebar Keseluruhan : 1,475 mm
  • Tinggi Keseluruhan : 1,670 – 1,700 mm
  • Jarak Poros Roda : 2,400 mm
  • Jarak Pijak Depan : 1,295 mm
  • Jarak Pijak Belakang : 1,290 mm
  • Jarak Terendah : 170 mm
  • Radius Putar Minimum : 4,600 mm
  • Berat Kosong : 825-835 kg
  • Berat Kotor : 1,350 kg
  • Tempat Duduk : 5 Orang
Suspensi / Kaki-Kaki
  • Suspensi Depan : MacPherson Strut with coil spring
  • Suspensi Belakang : 3-Links Rigid with coil spring
  • Rem Depan : Ventilated disc
  • Rem Belakang : Drum
  • Ukuran Ban : 145/80 R13
Eksterior
  • New Headlamp : Multi-reflector blue eyes
  • New Front Grille : Chrome
  • New Fog Lamp : standard
Interior
  • Audio : New audio Head Unit Design (CD, DVD, MP3, Radio, USB, AUX, dan Blutooth )
  • Jok : Balck Fabric Seat & Black Under Seat Tray
  • Dashboard : Black
  • Kabin : Spacious & Luxurious
  • Cup Holder : standart
  • AC : Standart
Fitur Keselamatan / Keamanan
  • Seat Belt Front & Rear
  • Keyless Entry & immobillizer
  • Alarm System
  • Auto Lock System

Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R AGS

  1. Memiliki kabin yang cukup luas
  2. Pengaturan kontrol panel yang mumpuni
  3. Suara mesin mobil cukup halus
  4. Responsive saat masih diputaran bawah
  5. Sistem transmisi dan koplingnya ringan
  6. Sistem suspensi nyaman
  7. Finishing interior menarik
  8. Irit bahan bakar

Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R

  1. Pengaruran AC kurang nyaman
  2. Body yang terlalu kecil 
  3. Pentuk tidak proporsional
  4. Tidak memiliki opsi gear parking
  5. Tidak terdapat jam di bagian dashboardnya
  6. Headrest belakang kurang tinggi
  7. Kualitas peredam kabin buruk

Review Suzuki Karimun Wagon R AGS

Kami menemukan video yang membahas mengenai mobil Karimun Wagon R AGS, kurang lebih reveiw ini sama seperti yang sudah kami tuliskan di atas, anda bisa menonton tayangan berikut ini.

Harga Suzuki Karimun Wagon R AGS Terbaru

Sampailah kita pada pembahasan terakhir yaitu mengenai harga dari Suzuki Karimun Wagon R AGS. Sebagai mobil LCGC kelas atas, tentunya mobil ini akan dibandrol dengan harga yang sesuai. 

Sebelum kita membahas mengenai Harga Mobil Suzuki Karimun Wagon R AGS secara lebih jauh, seperti biasanya kita akan membuat kesimpulan mengenai spesifikasi yang diusung oleh Suzuki Karimun Wagon R AGS ini. 

Kesimpulan ini kami rasa penting karena Harga Mobil pastinya akan dipengaruhi oleh spesifikasi yang diusungnya. 

Oke langsung saja. Dilihat dari penampilannya yang cukup mewah, kita akan langsung mengetahui bahwa Suzuki Karimun Wagon R AGS ini termasuk mobil LCGC tipe kelas atas. 

Secara umum memang tampilan dari mobil ini memang masih mengadaptasi penampilan dari generasi sebelumnya yaitu Suzuki Karimun Wagon R, hanya saja ada beberapa tambahan yang membuatnya tampil lebih elegan. 

Di bagian interior Suzuki Karimun Wagon R AGS memiliki kabin yang cukup luas untuk sebuah mobil LCGC yang cenderung sempit. 

Harga Suzuki Karimun Wagon R AGS
Harga Suzuki Karimun Wagon R AGS
Kabin dari mobil ini mampu menampung hingga lima orang penumpang termasuk sopirnya. 

Selain itu Suzuki Karimun Wagon R tipe terbaru ini juga memiliki bagasi cukup luas untuk membawa sebuah sepeda lipat. 

Di bagian fitur penunjang mobil ini telah dilengkapi denga berbagai fitur penunjang keamanan yang akan memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpangnya. 

Fitur ini misalnya teknologi immobilizer dan juga keyless entery. 

Di bagian dapur pacunya Suzuki Karimun Wagon R AGS masih mengandalkan mesin DOHC dengan dua belas katub. 

Keunggulan dari dapur pacu Suzuki Karimun Wagon R AGS adalah dengan adanya teknologi Auto Gear Shift yang memungkinkan pengemudi untuk beralih dari sistem transmisi manual ke otomatis ataupun sebaliknya. 

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya ini, apakah anda sudah bisa menebak berapakah harga yang pantas utuk Auto Gear Shift? Langsung saja kita simak penjelasannya. 

Sesuai dengan segmentasinya, yaitu mobil ‘low cost’, kisaran harga Karimun Wagon R AGS ini memang bisa dibilang masih terjangkau untuk masyarakat kelas menengah. 

Suzuki pun merilis Suzuki Karimun Wagon R AGS dalam empat pilihan tipe yang bisa disesuaikan dengan karakter konsumennya. 

Untuk tipe paling murah, Karimun Wagon R AGS tersedia dalam tipe GL yang berbanderol Rp. 113,000,000. 

Suzuki Karimun Wagon R AGS sendiri merupakan mobil yang masuk dalam segmentasi mobil low cost sehingga harga yang dibandrolkan pasti akan tetap terjangkau untuk masyarakat yang berada pada kelas menengah. 

Selain itu Suzuki Karimun Wagon R AGS juga hadir dalam empat pilihan tipe yang akan memudahkan konsumen untuk memilih spesifikasi mobil sesuai kebutuhannya. 

Mobil Suzuki Karimun Wagon R AGS yang paling murah adalah tipe GL yang dihargai Rp 113 juta. 

Kemudian untuk mobil Suzuki Karimun Wagon R AGS tipe GX dan juga tipe GS memiliki harga yang lebih mahal yaitu berada pada kisaran harga mencapai Rp 120 juta dan Rp 121.5 juta. 

Untuk tipe mobil Suzuki Karimun Wagon R AGS yang paling mahal ditempati oleh tipe Dilago yang memiliki harga mencapai Rp 122 juta. 

Daftar Harga Suzuki Karimun Wagon R AGS Terbaru

Suzuki Karimun Wagon R AGS GL
  • Rp 113,000,000
Suzuki Karimun Wagon R AGS GX
  • Rp 120,000,000
Suzuki Karimun Wagon R AGS GS
  • Rp 121,500,000
Suzuki Karimun Wagon R AGS Dilago
  • Rp 122,000,000

Bandrolan harga ini tentunya cukup murah jika dibandingkan dengan mobil-mobil tipe LCGC lainnya. 

Mobil ini dirasa sudah sesuai untuk isi kantong dari masyarakat level menengah. Dan bagaimanapun juga harga dari Suzuki Karimun Wagon R AGS bisa diakatakan cukup kompetitif.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Suzuki Karimun Wagon R AGS ditambah dengan harga yang kompetitif, Suzuki sendiri berharap bahwa mobil ini akan mengulang kesuksesan dari seri-seri karimun sebelumnya. 

Nah itulah tadi pembahasan kami mengenai mobil Suzuki Karimun Wagon R AGS. Jangan lewatkan juga ulasan lengkap kami mengenai mobil Suzuki Celerio dan Datsun Go + (Plus).

Harga Suzuki Karimun Wagon R AGS dan Rahasia Kelemahan Kelebihannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania