Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan serta Harga Terbaru Yamaha MT25 2017

Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan serta Harga Terbaru Yamaha MT25- Beberapa waktu yang lalu Yamaha telah secara resmi meluncutkan produk terbarunya yang berupa mesin dengan tipe streetfighter. Motor ini adalah Yamaha MT 25 yang merupakan pengadaptasian dari motor sebelumnya yaitu YZF R25. Akhirnya pada awal Juni 2015 yang lalu motor ini secara resmi diluncurkan ke pasar Indonesia oleh RPT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT TIMM) sebagai vendor resmi Yamaha di Indonesia. Indonesia menerima kehormatan sebagai tempat yang digunakan untuk meluncarkan produk ini secara perdana. Sehingga para pecinta otomotif tersanjung dong dengan kehormatan ini.

Sebernarnya Yamaha MT 25 bukanlah produk Yamaha pertama dari tipe MT yang diperkenalkan di Indonesia. Sebelumnya sudah ada produk MT lainnya yaitu MT-09 yang telah terlebih dahulu menyasar pada pasar otomotif Nasional.

Sehingga Motor Yamaha MT 25 merupakan besutan kedua PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing pada tipe MT. Motor ini sendiri memiliki tampilan motor Sport naked bike yang begitu kental akan kesan agressive dan performa tinggi.

Dalam pemasarannya Motor ini mengusung brand "Ini Jalan Penguasa Ini Jalan Kita". Tentunya tagline ini memang secara rapi tersaji dalam tampilan motor ini.
Yamaha MT25
Yamaha MT25


Yamaha sendiri menggadang motor ini untuk bisa bersaing secara maksimal melawan motor-motor yang telah terlebih dulu mengaspalt yaitu motor Suzuki Inazuma 250 dan juga Motor Kawasaki Z250.

Untuk itu Yamaha MT 25 ditampilkan dalam tiga pilihan warna berbeda yaitu Silver Blue, Red Rage dan Black Strike yang tentunya ketiga pilihan warna ini akan memberikan pilihan untuk menuruti selera warna kesukaan anda.

Jika kita amati secara lebih detail sebenarnya motor Yamaha MT 25 ini adalah pengubahan dari Yamaha YZF R25 yang dicopot bagian fairingnya.

Tampilan Yamaha MT25
Tampilan Yamaha MT25
Dengan dicopotnya bagian fairing ini tentu membuat Yamaha MT 25 nampak begitu ramping dan lebih ringan jika dibangingkan dengan Yamaha YZF R 25.

Selain itu kerangka dari motor ini juga menjadi terlihat karena sudah tidak tertutup lagi oleh zirah fairingnya. Namun penampakan rangka ini justru membuat Yamaha MT 25 nampak lebih sporty.

walaupun Yamaha MT 25 merupakan pengubahan dari Yamaha YZF R 25 namun bukan berarti motor ini mengadopsi semua bagian dari motor Sport Yamaha YZF R25.

Terdapat pula part-part unik yang hanya ada pada motor Yamaha MT25. Berikut ini akan kami bahas mengenai part-part khusus yang dimiliki oleh motore tipe streetfighter ini.

Stang Kemudi Yamaha MT 25

Motor Yamaha MT25 menggunakan tipe stang motor yang berbeda dengan saudaranya yaitu Yamaha YZF R25. Motor Sport Yamaha YZF R 25 menggunakan tipe stang motor clip on atau stang model jepit sedangkan untuk motor Yamaha MT 25 yang merupakan motor segmen streetfighter sendiri menggunakan stang berjenis fat bar menyerupai pipa dengan ukuran panjang kira-kira 720 mm.

Panjang stang motor ini sudah diatur sedemikian rupa sehingga bisa membuat pengemudi bisa secara lebih leluasa untuk mengendalikan Yamaha MT25 ini.

Guna semain meningkatkan fungsi dari stang tersebut Yamaha juga menambahkan fitur penunjang berupa damper tambahan.

Damper ini berupa karet tambahan yang memiliki fungsi untuk mengurangi getaran yang terjadi di bagian stang. Fitur ini dipasangkan secara rapi pada bagian dudukan raiser.

Dengan demikian pengemudi tidak akan mendapatkan terlalu banyak getaran saat berkendara sehingga motor ini semakin mudah untuk dikendalikan.

Headlamp Yamaha MT 25


Berbeda dengan motor Yamaha YZF R25 yang menggunakan tipe headlamp dual keen eyes, motor Yamaha MT 25 justru menggunakan tipe headlamp single eyes yang memiliki penampilan begitu tajam.

Single eyes headlamp yang diusung oleh motor tipe Streetfihgter ini memiliki bentuk menyerupai trapesium yang menggunakan lampu halogen 60 watt sebagai sumber penerangan utamanya.

Tidak hanya itu, tetapi Yamaha juga membekali Yamaha MT 25 dengan fitur penunjang berupa lampu senja yang diletakkan pada bagian atas lampu premiumnya.

Lampu senja ini telah mengusung tekonologi Automatic Headlight On (AHO) sehingga lampu tersebut akan langsung menyala jika anda meng-ON kan putaran kunci anda.

Tampilan dari lampu senja ini sendiri berbentuk menyerupai mata yang terkesan sipit. Selain itu lampu senja ini juga telah menggunakan tipe lampu LED berwarna putih yang begitu elegan.

Sampai sekarang masih sangat sedikit motor tipe streetfighter yang mengusung konsep lampu senja, sehingga hal ini menjadi nilai plus tersendiri bagi Yamaha MT25.

Kunikan ini bahkan belum banyak dimiliki pada keluarga MT sendiri. Kami yakin Anda akan menyaksikan kesan yang begitu menawan dengan adanya lampu senja LED ini.

Mesin Yamaha MT25

Untuk bagian dapur pacunya Yamaha MT25 masih menggunakan mesin dengan spesifikasi yang hampir sama dengan Yamaha YZF R25.

Mesin ini berkapasitas 250 cc dan merupakan tipe DOHC dengan 2 silinder tegak. Mesin ini menghasilkan 4 langkah dan menggunakan sistem transmisi 6 speed.

Sementara untuk sistem pendingin yang diusung adalah berupa liquid Cooled yaitu pendingin yang berwujud cairan. Untuk perbandingan kompresinya mesin ini mengusung perbandingan 11.6 : 1.

Tetapi walaupun keduanya menggunakan mesin dengan tipe yang sama ternyata keduanya tetap memiliki perbedaan.

Perbedaan yang paling jelas adalah soal tenaga dan juga torsi mesin yang dihasilkan. Untuk Yamaha YZF R25, tenaga mesin masimal yang bisa disemburkan adalah mencapai 27.3 kW pada putaran 12000 rpm dan memiliki torsi maksimal mencapai 23.2 Nm untuk setiap 1000 rpm.

Sedangkan pada motor terbaru Yamaha MT 25 tenaga yang dihasilkan adalah mencapai 26.5 kW untuk setiap 12.000 rpm. ukuran tenaga ini sedikit lebih kecil dari ukuran tenaga Yamaha YZF R25.

Sementara untuk ukuran torsi maksimalnya pun juga lebih kecil yakni 22.6 Nm untuk tiap 1000 rpm.

Sebagai motor Sport wajar saja jika motor Yamaha YZF R25 memiliki tenaga maupun torsi yang lebih besar dibandingkan motor Yamaha MT yang notabene tipe motor streetfighter.

Namun sebenarnya untuk sebuah motor streetfihter ukuran mesin ini sudah sangat baik, apalagi hanya digunakan untuk menyusuri jalanan di perkotaan saja.

Nah mungkin anda bertanya-tanya mengapa dengan spesifikasi yang sama kedua motor ini bisa memiliki tenaga yang berbeda.

Sepertinya hal ini bisa terjadi karena adanya perbedaan ukuran strok yang dipasangkan.

Ukuran Stroke dari Yamaha YZF R25 adalah 44.7 mili meter sedangkan untuk ukuran strok dari Yamaha MT 25 sedikit lebih kecil yaitu 44.1 mili meter saja.

Pegangan Belakang Yamaha MT25

Untuk bagian belakang Yamaha MT25 memiliki tampilan yang sedikit berbeda dengan pendahulunya Yamaha YZF R25.

Jika motor R25 cenderung memiliki penampakan belakang yang rata tanpa adanya penaman seperti halnya pada motor balap maka Yamaha MT25 memberikan tampilan berbeda.

Motor ini memasangkan pegangan di bagian belakangnya. Pegangan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dari penumpang yang diboncengkan.

Selain itu dengan penampilan pegangan belakang yang berpadu dengan desain sporty dan LED lamp malah membuat motor MT25 terlihat semakin gagah dari bagian belakngnya.

Sehingga selain memberikan keamanan lebih bagi penumpang saat berkendara dalam kecepatan tinggi pegangan ini juga semakin menambah kemenarikan penampilan motor ini.

Under Cover Engine Yamaha MT25


Under cover mesin adalah sebuah pelindung yang berupa tutup untuk bagian bawah dari mesin sebuah motor.

Cover ini memiliki fungsi utama untuk melindungi mesin dari kerusakan terutama kerusakan luar mesin. Fitur ini baru ada pada Yamaha MT25 dan belum disematkan pada Yamaha YFZ R25.

Undercover ini sendiri didesain dengan tidak rapat sempurna melainkan memiliki lubang yang difungsikan untuk mengatur sirkulasi udara.

Sirkulasi udara ini diperlukan agar mesin motor tidak cepat mengalami kepanasan. Sedangkan dari segi penampilan, kehadiran unvercover engine ini tentu semakin menambah kemaskulinan dari motor ini.

Tangki Depan Yamaha MT25

Untuk bagian tangki ini, Yamaha menghadirkan penampilan yang baru. Walaupun sering terlihat mirip dengan Yamaha R25 namun pada kenyataanya Yamaha MT25 memiliki penampilan tangki yang berbeda.

Pada tangki Yamaha MT terdapat lebih banyak lekukan sehingga membuatnya nampak lebih sporty dari saudaranya Yamaha R25.

Pada tangki ini terdapat pula emblem MT yang menjadi penanda bahwa motor ini benar-benar berasal dari keluarga MT seris.

Perbedaan nya lagi terletak pada bagian bawah dari tangki. Di bagian bawah tangki Yamaha MT25 terdapat suatu shroud dengan ukuran yang kecil.

Shroud ini dihiasi dengan tulisan MT 25. Nah, Shroud ini diciptakan bukan tanpa kegunaan, karena pada dasarnya Shroud ini berfungsi untuk menjadi scoop yang akan menangkap udara dan mengalirkannya sehingga mesin tidak akan menjadi cepat panas.

Spion Yamaha MT25

Hal lain yang bisa membantu anda untuk membedakan antara motor Yamaha R25 dan Yamaha MT25 adalah model spion yang digunakan.

Pada motor Yamaha YZF R25 sebagai motor tipe sport menggunakan tangkai spion yang lurus sedangkan untuk motor Yamaha mT 25 menggunakan spion yang bertangkai pendengan dengan cabang.

Selain beberapa part di atas, tampilan dari Yamaha MT25 masih menggunakan tampilan dari Yamaha YZF R25. Seperti halnya penggunaan kerangka dengan tipe diamon.

Terdapat juga speedometer yang akan memberikan informasi berupa informasi bahan bakar, indormasi gigi, informasi keccepatan, informasi analog meter, indikator netral shift timing light tekanan oli, indikator pengukur suhu, indikator pengukur efisiensi bahan bakar berpa teknologi Self Diagnosis yang mempu memberikan diagnosis terhadap kondisi dari motor yang digunakan.

Di bagian suspesi diguanakan sistem suspesi teleskopik untuk bagian depannya sedangkan di bagian belakang digunakan sistem suspensi monoshock Swing Arm.

Pada bagian pengereman, motor ini menggunakan fitur pengereman cakram untuk bagian belakang maupun bagian depannya.

Kemudian spesifikasi ini didukung dengan ban dengan ukuran 110/70 -17 M/C (54S) untuk bagian depan sedangkan untuk bagian belakangnya menggunakan ukuran ban 140/70 - 17 M/C (66S).

Dan velg yang digunakan adalah velg dengan 10 jari.

Kini motor Yamaha MT 25 telah didistribusikan secara merata didealer-delaer Yamaha seluruh Indonesia. Sehingga bagi anda yang menginginkannya anda bisa segera mengunjungi dealer terdekat.

Spesifikasi Yamaha MT25
Spesifikasi Yamaha MT25

Rangkuman Spesifikasi Yamaha MT 25

Dimensi Yamaha MT25


  • Panjang dari Yamaha MT25 adalah 20.90 centimeter
  • Lebar dari Yamaha MT25 adalah 10.35 centimeter
  • Jarak Sumbu antar roda pada Yamaha MT25 adalah 1380 mili meter
  • Tinggi dari Yamaha MT25 adalah 1035 mili meter
  • Jarak Ground Clearance (jarak terendah ke tanah) adalah 160 mili meter
  • Tinggi tempat duduk Yamaha MT25 adalah 780 mili meter
  • Berat Kosong dari Yamaha MT25 adalah 165 kilo meter
  • Kapasitas ruang penyimpanan bahan bakar Yamah MT25 adalah 14 liter

Mesin Yamaha MT25


  • Mesin dari Yamaha MT25 memiliki kapasitas 250cc dengan 2 silinder tegak dan memiliki 4 langkah serta menggunakan sistem pendingin berupa cairan atau Liquid Cooled
  • Diameter langkah dari Yamaha MT25 adalah 60 mili meter x 44.1 mili meter
  • Perbandingan Rasio Kompresi Mesin Yamaha MT adalah 11.6:1
  • Menggunakan sistem pengapian Transistor Conrolled Ignition (TCI)
  • menggunakan sistem transmisi 6 speed berpola [ 1-N-2-3-4-5-6]
  • menggunakan pelumasan basah serta sistem penghidup mesin satu starter yaitu Electric Starter
  • Daya maksimum yang dimiliki oleh Yamaha MT25 adalah 26.5 kW untuk tiap 12000rpm dan torsi maksimumnya mencapai 22.6 Nm / 10000 rpm.
Mesin Yamaha MT25
Mesin Yamaha MT25


Rangka Yamaha MT25


  • Yamaha MT25 mneggunakan tipe kerangka Diamond
  • Suspensi bagian depan menggunakan sistem Teleskopik dan suspensi bagian belakang menggunakan Monoshock dilengkapi dengan Swing Arm
  • Rem bagian belakang dan depan memakai single disc brake
  • Ban depan menggunakan ukuran 110/70 -17 (54S) sedangkan untuk ban bagian belakang menggunakan 140/70 - 17 M/C (66S)

Kelistrikkan Yamaha MT25

  • Busi Yamaha MT25 adalah tipe NGK/CR9E
  • Batrai yang digunakan merupakan GTZ8V
  • Harga Yamaha MT25 Terbaru

Harga Yamaha MT25 Terbaru adalah Rp 46.000.000

Baca juga ulasan lengkap kemi tentang Yamaha R25 dan Yamaha R15

Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan serta Harga Terbaru Yamaha MT25 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania