Harga Mobil Mazda Lantis / Familia Uraian Spesifikasi Kelebihan dan Kelemahannya

Harga Mazda Lantis – Mazda merupakan salah satu produsen mobil di Indonesia yang sudah sejak lama malang melintang di duni otomotif. Tidak mau kalah dengan produsen-produsen mobil lainnya Mazda terus saja melakukan inovasi. 

Salah satu produk mobil mazda yang sudah melegenda adalah Mazda Lntis dan Familia. Kedua mobil ini sudah lama diproduksi bahkan sejak tahun 60an. 

Mobil ini merupakan mobil tipe sedan yang memiliki tampilan begitu kompak. Mobil Mazda Familia dan Mazda Lantis samapi saat ini masih terus bersaing dengan mobil-mobil dari perusahaan besar lain seperti Honda Civic Ferio, Mobil TAll New Toyota Corrola, Nissan Sentra / Sunny dan juga Mistubishi  Lancer Evo 4. 

Nah kemudian nama dari Familia setelah berpuluh-puluh tahun malang melintang di duni otomotif digantikan dengan Mazda3.

Baca juga ulasan kami mengenai : Spesifikasi dan Harga Honda Civic

Jenis mobil ini, generasi ketujuhnya datan dengan membawa platform BH. Mobil tipe ini pertama kali di perkenalkan pada pasaran Jepang di tahun 1994, sudah lama memang. 

Mobil ini dulu datang dengan dua tampilan yaitu mobil model hatchback sedan dua pintu yang kemudian dikenal dengan nama Neo dan satu lagi merupaka mobil hatchback dengan empat pintu yang diberi nama Astina. 

Kemudian anda tentunya tahu bahwa mobil yang secara resmi masuk ke pasar otomotif di Indonesia hanyalah mobil Mazda 323 Lantis pada tahun 1995 sampai dengan tahun 1996. 

Produk ini kemudian disubstitusi dengan mobil pengganti yaitu Mazda 323 Familia yang mulai menerjang pasar otomotif di tahun 2000. 

Pada mobill Mazda 323 Familia ini, Mazda melakukan banyak pemangkasan fitur interior agar mobil ini bisa dijual dengan harga yang lebih murah dan bersaing dengan pesaing-pesaingnya. 

Pada pembahasan ini TIM GarasiOtoMania akan secara mendetail mengupas mengenai Spesifikasi Mazda 323 Lantis dan Harga Mazda 323 Lantis. 

Bagaimana? Anda tambah penasaran mengenai mobil ini? Baik langsung saja kita simak rivew lengkapnya.

Foto Mazda Lantis

Sebelum mengupas lebih lanjut mengenai Mazda Lantis / Familia berikut ini kami tampilkan Gambar / Foto Mazda Lantis. Nah berikut ini lebih lengkapnya. 

Tampilan Mazda Lantis / Familia
Tampilan Mazda Lantis / Familia

Spesifikasi Mazda Lantis / Familia
Spesifikasi Mazda Lantis / Familia

Eksterior Mazda 323 Lantis / 323 Familia

Pada segmen yang pertama ini kita akan mengulas mengenai tampilan eksterior Mazda 323 Lantis / 323 Familia. 

Penampilan dari Mazda 323 Lantis ini cukup elegan apa lagi jika kita pada mobil-mobil yang diluncurkan pada tahun – tahun yang sama. 

Mazda Lantis sudah tampil lebih unggul dengan berani meninggalkan kesan boxy yang biasanya diusung oleh mobil-mobil sejenisnya. 

Mazda Lantis sudah memiliki tampilan berupa lekukan – lekukan yang membuatnya jadi lebih sedap dipandang mata. 

Sebagai tambahan informasi untuk anda bahwa mobil Mazda Lantis 323 memang memiliki tampilan yang lebih baik dari Mobil Mazda 323 Familia. 

Eksterior Mazda 323  Lantis
Eksterior Mazda 323  Lantis
Hal ini tentu saja juga dipengaruhi oleh harga yang dibawanya. Sebagai contoh pada penampilan depannya. 

Pada mobil Mazda 323 Lantis terdapat lampu sinyal yang diletakkan pada bumper nya sedangkan untuk mobil Mazda Familia masih mengandalkan lampu sinyal yang diletakkan pada bagian kanan dan kiri lampu utamnya. 

Selain itu mobil Mazda Lantis menggunakan tampilan lampu berdesan kaca galur standar, sedangkan untuk mobil Familia sudah lebih modern. 

Pada bagian sampingya sudah terdapat lekukan – lekukan yang membuatnya tampil lebih keren. 

Kemudian untuk bagian belakangnya sendiri, Mazda Lantis menggunakan desain kaca yang tidak terlalu miring, sehingga akan membuat penumpang bagian belakang merasa lebih nyaman. 

Tampila dari Mazda Lantis ini memang sudah cukup baik jika kita tengok dari tahun pembuatannya.

Tampilan Interior Mazda 323 Lantis / 323 Familia

Kita sebelumnya sudah membahas mengenai tampilan eksterior dari Mazda 323 Lantis, kini saatnya kita membahas mengenai tampilan interior dari Mazda 323 Lantis / 323 Familia. 

Jika dibandingkan dengen tampilan eksterior yang diusungnya apakah anda sudah bisa membayangkan tampilan interiornya? Jika belum mari kita ulas bersama mengenai tampilan ruang kabin dari mobil legend ini.

Mulai memasuki interior Mazda 323 Lantis kita akan mendapati penampilan dashboard yang sangat khas milik mobil tahun 90an. 

Memang tampilan Dashboard ini tidak lah terlalu special. Mobil ini menggunakan skema abu-abu yang sengaja didesain agar menghidarkan pengendara dari efek silau sinar matahari. 

Interior Mazda Lantiz
Interior Mazda Lantiz
Lalu pada bagian kursi pengemudinya dapat menyesuaikan dengan ukuran berbeda. 

Sedangkan pada bagian kusi penumpang, tampilannya tidak terlalu jauh dari penampilan kursi musuh – musuhnya. Kelebihan kursi ini terletak pada keluasan yang disuguhkan. 

Nah kemudian dari segi kelegaan ruang kabin, mobil ini benar-benar paling luas di antara mobil-mobil sekelasnya. 

Interior Mazda Familia
Interior Mazda Familia
Jadi anda tidak perlu khawatir untuk masalah ruang kaki, ruang kepala maupaun tempat bahu anda. Di jamin anda akan merasa nyaman. 

Pada bagian kursi jug sudah terdpat sabuk pengaman yang akan melindungi pengendara dan pengemudi selama melakukan perjalanan. 

Secara umum tampilan interior Mazda Lantis memang tidak jauh berbeda dengan para rivalnya, namun yang menjadi keunggullan dari mobil ini adalah di sediakannya ruang kabin yang lebih luas.

Mesin Mazda 323 Lantis / 323 Familia Berperforma Tinggi

Di segmen selanjutnya kita akan melakukan pembahasan mengenai mesin Mazda 232 Lantis. Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai tampilan, baik itu penampilan luar maupun dalam, kini kita akan lebih fokus ke bagian dapur pacunya. 

Di bagian dapur pacu ini Mazda Lantis memiliki performa mesin yang cukup baik. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, sebenarnya Mazda Lantis dihadirkan dalam dua pilihan tipe mesin untuk para penggemarnya. 

Tipe mesin yang pertama berkapasitas 1.6 Liter atau setara 1600 cc. Sayangnya tipe mesin yang berkapasitas 1.6 L tidak diluncurkan di tanah air, tetapi hanya di Vietnam dan juga di Filipina. 

Mesin Mazda Lantis / Familia
Mesin Mazda Lantis / Familia
Nah, versi mesin yang diluncurkan di Indonesia adalah versi yang kedua yaitu mesin dengan kapasitas mencapai 1.8 L atau setara dengan 1800 cc. 

Mesin ini dikatakan akan mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 131 tenaga kuda pada puatan ke 6000 rpm nya. Sedangkan untuk torsi maksimal yang bisa dihasilkan adalah 169 NM pada putaran ke 4000 rpm. 

Ukuran mesin ini cukup besar untuk sebuah mobil tahun 90 an, sehingga memang bisa dikatakan mobil ini memiliki performa yang tidak kalah dengan mobil – mobil teranyar sekalipun. 

Selain itu sistem pembakaran Mazda Lantis juga sudah didukung dengan adanya teknologi Multi Point Fuel Injection System (MPFI) yaitu teknologi yang akan membantu Mazda Lantis untuk tetap memiliki hentakan tenaga yang lebih terasa saat mencapai putaran yang lebih atas. 

Teknologi bekerja sama seperti halnya dengan teknologi VTEC yang menjadi andalan dari perusahaan Honda. 

Tambahan informasi bagi anda bahwa teknologi semacam ini ternyata juga telah disematkan pada mobil tipe Sport Mazda tahun 90an yaitu Mazda MX-5 atau kemudian juga dikenal sebagai Mazda Miata.

Handling Mobil Mazda 323 Lantis / 323 Familia

Mobil ini memiliki banyak keunggulan, jika kita melirik pada bagian handlingnya, tentu banyak yang akan menyatakan bahwa mobil Mazda 323 Lantis merupakan salah satu mobil yang sangat nyaman. 

Brand yang dibawa oleh Mazda 323 Lantis sebenarnya adalah menyasar pada segmen mobil sedan kompak. 

Tampilan Velg Mazda Lantis
Tampilan Velg Mazda Lantis
Tetapi jika kiga mengamati secara lebih mendetail dan melakukan penilaian kepada mobil ini, tentunya anda akan memberikan banyak poin plus pada mobil ini. 

Banyak yang mengatakan bahwa mobil ini banyak sebenarnya layak untuk masuk kelas mobil sedan premium seperti halnya mobil Honda Accord Cielo ataupun Corona Absolute.

Baca juga ulasan kami tentang : Spesifikasi dan Harga Honda Accord

Kenyamanan yang ditawarkan oleh Mazda Lantis ini memang bisa disandingkan dengan para pesainya yaitu Honda Civic maupun Toyota Corolla. Begitu pula dengan mesin yang diusungnya. 

Mazda Lantis sudah menggunakan mesin bertenaga cukup besasr yang akan memberikan akselerasi yang prima. 

Jika kita ingat kembali antara tenaga dan torsi yang dihasilkan memang sudah cukup singkron dan sesuai.. Apalagi mobil ini juga bisa meredam suara rev mesin yang digunakannya. 

Bagi anda yang suka untuk berkendara sendiri, mobil ini mungkin bisa menjadi salah satu alternartif pilihan. Pasalnya mobil ini memang bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjadi mobil tipe sedan fun to drive. 

Sedikit yang menjadi kekurangan dari mobil ini adalah belum adanya teknologi ABS pada sistem pengeremannya, mobil ini baru menggunakan quad disc combo saja berbeda dengan verinya yang dipasarkan di Vietnam maupun Filipina.

Rangkuman Spesifikasi Mazda 323 Lantis / 323 Familia

Pada bagian ini akan kami sampaikan mengenai rangkuman spesifikasi yang dimiliki oleh Mazda Lantis. 
 
Rankuman ini kami buat berdasarkan uraian sebelumnya agar anda lebih mudah mengetahui mengenai sluk beluk dari Mazda Lantis / Familia. Nah berikut ini adalah rangkumannya.
  • Menggunakan mesin berkode BP 1.8 L tipe DOHC injeksi 4 silinder segaris dan 16 katub
  • Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan adalah 131 tenaga kuda pada putaran 6000 rpm
  • Torsi maksimumnya mencapai 160 Nm pada 4000 rpm
  • Ukuran Bore x Stroke yang dimiliki adalah  83.0 mm x 85.0mm
  • Pemakaian BBM mencapai : 6-8 km/L (dalam kota), 9-12 km/L (luar kota)
  • Sistem transmisi  5 percepatan manual, dan juga 4 percepatan otomatis.
  • Menggunakan sistem suspensi depan McPherson strut
  • Menggunakan sistem suspensi multi link pada bagian belakang
  • Jangka waktu penjualan : 1995 - 1996 (Lantis), 1997 - 2000 (Familia).
  • Belum memiliki fitur pengaman ABS

Kelebihan dan Kekurangan Mazda 323 Lantis / Mazda 323 Familia

Pada bagian ini kami akan menyampaikan mengenai kelebihan (keunggulan) dan Kekurangan (kelemahan) Mazda 323 Lantis / Familia. 

Keterangan ini kami peroleh dari berbagai sumber dan dari testimony orang – orang yang pernah menggunakannya. Nah berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan yang kami masksud.

Kelebihan Mazda 323 Lantis / Familia

Setiap mobil tentunya memiliiki kelebihan yang menjadikannya berbeda dengan mobil jenis lainnya, Nah untuk Kelebihan Mobil Mazda 323 Lantis / Familia, kami telah merangkumnya dalam beberapa poin yang kami sajikan secara sederhana, dengan harapan anda akan lebih mudah untuk mengetahuinya. 

Beberapa Kelebihan Mazda 323 Lantis / Mazda 323 Familia adalah :
  1. Memiliki harga yang terjagkau untuk kalangan menenah ke bawah
  2. Memiliki mesin dengan tenaga yang prima
  3. Tarikan mesin begitu responsive
  4. Sudah menggunakan rem cakram pada setiap rodanya
  5. Memiliki sistem suspensi asik yang lembut
  6. Memiliki ruang interior cukup nyaman
  7. Ruang kabin yang diusung cukup lega
  8. Menggunakan lampu autodiming pada ruang kabin

Kekurangan Mazda 323 Lantis / Familia

Nah setelah membahas mengenai kelebihan dari mobil ini, sekarang saatnya TIM GarasiOtoMania menyampaikan Kekurangan Mazda 323 Lantis / Familia. 

Memang Mazda telah berusaha keras menciptakan mobil dengan banyak kelebihan, namun yang namanya ciptaan manusia tentunya memiliki kekurangan. 

Nah, kami sudah mendapatkan informasi mengenai kekurangan yang dimiliki oleh Mazda 232 Lantis. Berikut ini Kekurangan Mazda 323 Lantis / Familia yang telah kami rangkum :
  1. Mobil ini bisa dikatakan cukup boros
  2. Sperpart untuk melakukan modifikasi masih minim
  3. Sparepart yang akan digunakan bahkan lebih langka dari penghadulunya yaitu Mazda 323 Interplay
  4. Suku cadang asli dibandrol dengan harga yang lumayan mahal
  5. Fitur yang dulunya ada pada model Familia banyak dipangkas
  6. Proses pembuatanya sepertinya kurang maksimal
  7. Fitur keselamatan yang ada baru berupa sabuk pengaman saja

Review Mazda Lantis / Familia 

Pada bagian ini akan kami uraikan juga mengenai review mobil Mazda Lantis dalam bentuk video. Jika anda tidak terlalu suka untuk menonton, anda bisa melewati bagian ini.


Harga Mazda 323 Lantis / Mazda Familia

Nah akhirnya sampai juga kita ke bagian Harga Mobil Mazda 323 Lantis, tentunya Harga Mobil Mazda ini sangat dipengaruhi oleh spesifikasi yang dibawanya. Oleh karena itu, sepertinya perlu juga jika tim GarasiOtoMania membuat sedikit kesimpulan mengenai mobil legend ini. 

Mulai dari tampilan luarnya yang begitu elegan Mazda Lantis memang didesan cukup nyaman dengan tampilan yang tidak terlalu neko -  neko.

Untuk Mazda Lantis sendiri telah mengusung tampilan luar dengan sedikit lekukan yang membuatnya cukup berbeda dengan mobil – mobil seusianya. 

Tampilan kaca bagian belakang juga dibuat lebih tegak sehingga penumpang yang berada di belakang akan merasa lebih nyaman. Di bagian interiornya anda akan mendapati tampilan dashboard khas milik mobil 90an. 

Lalu di bagian jok nya anda akan mendapati kenyamanan ekstra karena ukurannya memang cukup lebar. Untuk urusan kelegaan ruang kabin, sepertinya Mazda Lantis bisa dikatakan menang banyak.

Mulai dari ruang kaki, hingga ruang kepala diberikan space yang sangat longgar. Sayang pada mobil ini baru menggunakan fitur keamanan berupa sabuk pengaman saja. 

Berlanjut ke bagian dapur pacunya, Mazda 323 Lantis dibekali dengan dua macam mesin yaitu mesin berkapasitas 1600 cc dan mesin berkapasitas 1800 cc. 

Namun untuk mobil Mazda Lantis yang di pasarkan di Indonesia hanyalah yang bertipe mesin 1800 cc saja. 

Sedangkan untuk yang berkapasitas 1600 cc dipasarkan di Filipina dan Vietnam. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi MPFI yang memiliki kerja hampir sama dengan teknologi andalan Honda yaitu VTEC. 

Lalu dengan berbagai spesifikasi yang dimilikinya ini kira – kira berapakah harga yang dibandrolkan untuk mobil Lantis ini? Mari kita simak ulasannya.

Walaupun memiliki spesifikasi yang mumpuni, tetapi Mobil Mazda ini sepertinya belum lah seterkenal lawan – lawannya. Alhasil harga yang ditawarkan dipasaran juga tidak terlalu tinggi. 

Untuk mobil Mazda Lantis yang dikeluarkan tahun 1995 sampai 1996 anda bisa memboyonngnya dengan harga sekitar 40 hingga 50 juta rupiah saja. 

Sedangkan untuk mobil Mazda Familia tahun 1997 sampai 2000 an anda bisa membawanya pulang dengan kisaran harga mencapai Rp 60 jutaan.

Harga Mobil Mazda Lantis / Familia Terbaru

Harga mobil Mazda Lantis 1995 – 1996               Rp 40 – Rp 50 Juta
Harga Mobil Mazda Familia 1997 – 2000            Rp 60 Juta

Sedikit tips dari Tim GarasiOtoMani, bahwa jika anda menginginkan penampilan yang lebih mewah, entah itu interio maupun eksteriornya anda lebih baik memilih mobil tipe Mazda Lantis. 

Pasalnya sebenarnya Mazda Familia adalah versi murahnya dari Mobil Mazda Lantis sehingga banyak pula yang membandrolkan harga yang lebih mahal untuk mobil Mazda Lantis nya dibandingkan mobil Mazda Familia meskipun untuk tahunnya lebih tua.

Bagaimanapun juga mobil ini merupakan salah satu alternative bagi anda yang menginginkan mobil berkualitas dengan harga yang murah. 

Demikian lah ulasan kami mengenai Spesifikasi, Keunggulan, Kekurangan dan Harga Mazda Lantis / Familia. 

Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Silakan share artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Lalu jangan lupa juga untuk membaca arikel kami lainnya tentang Daftar Harga Mobil Murah dan Daftar Harga Mobil Honda Terbaru

Harga Mobil Mazda Lantis / Familia Uraian Spesifikasi Kelebihan dan Kelemahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania