Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Terbaru Yamaha Xabre 150

Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Terbaru Yamaha Xabre 150 - Berita akan hadirnya motor terbaru pada keluarga Yamaha MT sudah santer terdengar sejak beberapa waktu yang lalu. 

Banyak yang beranggapan bahwa nama Yamah Xabre 150 adalah nama motor yang akan dirilis dalam waktu dekat ini.

Kabar ini bukan tanpa alasan, sejak beberapa waktu lalu memang Yamaha Thailand telah merilis motor baru sana Xabre 150 dengan brand baru sebagai Yamaha M-Slaz. 

Belum ada konfirmasi resmi tentang motor ini dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, tetapi banyak yang berspekulasi bahwa motor ini lah yang akan hadir di Indonesia dengan menyandang nama Yamaha Xabre 150. 

Berita mengenai kehadiran Yamaha Xabre semakin ramapi diperbincangkan saat ada nitizen dari Thailan yang berhasil menjepret tampilan dari M-Slaz secara keseluruhan, yaitu motor yang diprediksi sebagai Yamaha Xabre 150 dari Thailand. 

Tampilan Yamaha Xabre
Tampilan Yamaha Xabre

Hasil dari foto ini menunjukkan bahwa Xabre 150 memiliki tampilan naked street fighter dan memiliki tampilan bodi yang agresif.

Jika benar Xabre 150 ini mengusung tampilan dengan naked body street fighter, pastinya anda malah jadi bertanya-tanya karena Yamaha sebelumnya sudah merilis New Vixion sebagai motor tipe street fighternya. 

Baca juga ulasan kami tentang : Spesifikasi dan Harga Yamaha New Vixion

Berita akan datangnya produk baru dari Yamaha yaitu Yamaha Xabre 150 memang memberikan dampak yang cukup besar di dunia otomotif Indonesia terutama segmen roda dua. 

 Ada pula yang berpikir jika kehadiran Yamaha Xabre 150 akan mengambil alih pasar yang kini di pegang oleh Yamaha New Vixion yaitu kelas sport bike pemula. 

Prediksi lain mengatakan bahwa Yamaha Xabre 150 hadir untuk menjawab tantangan dari Honda yang telah mengeluarkan produk terbarunya yaitu All New Honda CBR 150R Street Fire yang memang telah mulai mengancam pasar yang dikuasai Yamaha New Vixion.

Baca juga ulasan kami tentang : Spesifikasi dan Harga All New CBR 150R

Walaupun sampai sekarang kehadiran Yamaha Xabre 150 masih banyak membawa spekulasi namun sepertinya Yamaha Xabre 150 memang akan mampu memberikan kepuasan tersendiri dari segmen motor kelas naked street fighter. 

Sebelumnya memang banyak yang beranggapan jika Yamaha Xabre 150 hanya merupkan tampilan telanjang dari Yamaha YZF R15. 

Tetapi anggapai ini akhirnya pupus setelah munculnya Yamaha M-Slaz yang diprediksi akan menjadi tampilan dari Yamaha Xabre 150 versi Indonesia. 

Yamaha Xabre 150
Yamaha Xabre 150
Motor ini tampil lebih agresif dengan sentuhan sporty yang cukup kental. 

Desainnya yang tajam juga semakin menimbulkan kesan angker seperti halnya motor street fighter pada umumnya.

Pada penampilan bodynya anda akan mendapati kesan naked bike yang cukup kental melalui shroud yang memanjang ke bagian depan dan didukung dengan desain tangki bahan bakar yang meninggi. 

Pada bagian joknya di desain seperti pada motor sport masa kini yaitu dipisah antara pengemudi dan pemboncengnya. 

Tampilan keren ini kemudian didukung dengan adanya sistem suspensi Up side down untuk bagian depannya. Lalu terdapat pula lengan ayun dengan model banana Swing Arm seperti pada motor Gedhe.

 Untuk dapur pacunya Yamaha Xabre 150 mengususng mesin seperti halnya milik Yamaha YZF R 15 yaitu mesin 4 tak dengan sebuah silinder berkapasitas 149 cc tipe SOHC 4 valve menggunakan sistem pendingin berupa cairan. 

Untuk transmisinya digunakan sistem 6 speed dan perbandingan kompresinya adalah 10.4 :1.

Tipe mesin seperti ini juga dijejalkan pada Yamaha M-Slaz. 

Mesikipun sampai saat ini PT Yamaha Motor Indonesia belum memberikan konfirmasi berkaitan apakah motor Yamaha M-Slaz adalah tipe Yamaha Xabre yang akan masuk ke Indonesia, tetapi sepertinya memang besar kemungkinannya jika motor ini nantinya lah yang akan menempati posisi motor Xabre. 

Untuk pembahasan lebih jelasnya berkaitan dengan Yamaha Xabre 150, tim GarasiOtoMania telah menyiapkan pembahasan lengkap mengenai motor ini. Mari kita simak bersama ulasannya. 

Spesifikasi Yamaha Xabre 150 Terbaru

Desain Body Motor Yamaha Xabre 150 yang Futuristik

Untuk pembahasan pertama kita akan membahas mengenai tampilan luar dari Yahama Xabre 150. Untuk tampilan luarnya tentu saja motor ini masih mengadopsi tampilan dari Yamaha M-Slaz. 

Dengan diadaptasinya tampilan motor tipe MT ini, tentunya akan semakin menunjukkan keahlian dari Toyota dalam mendesain tampilan motor terbarunya ini. 

Dari segi penampilan sebenarnya kita bisa memberikan apresiasi untuk motor ini. Tampilan dari motor ini bisa dikatakan cukup berani tampil out of the box karena memiliki penampilan yang sedikit melenceng dari tampilan motor tipe naked bike lainnya. 

Untuk tampilan headlampnya sendiri Yamaha Xabre 150 memiliki tampilan yang lebih jantan dengan bentuknya yang tajam dan menggunakan ukuran lampu mungil.

Desain Body Yamaha Xabre 150
Desain Body Yamaha Xabre 150

Pada bagian penerangan Yamaha Xabre 150 sudah menggunakan jenis lampu LED untuk bagian lampu depan dan juga stoplampnya.

Untuk tengki bahan bakarnya, Xabre menggunakan tipe tangki yang cukup liar dengan ukurannya cukup tinggi. 

Sedangkan penutup bensinnya dibuat lebih rata dan nampak begitu berisi. Desain shroud Muscularnya juga dibuat memanjang sehingga aura maskulinya semakin mencruat. 

Pada bagian jokya digunakan tampilan jok yang mengadaptasi tampilan Yamaha R 15 sehingga membuat Yamaha Xabre semakin nampak elegan.

Tampilan Xabre 150 juga telah menghilagnkan pillion handle atau yang lebih ngetrend dengan sebutan behel tanduk sehingga buritannya terkesan lebih nugging. 

Pada bagian lengan ayun digunakan tipe banana arm yang kemudian tampilannya dipadukan menggunakan desain slebor belakang model gantung. 

Penampilan ini kemudian semakin didukung dengan muffler yang begitu sporty walaupun tipe knalpot underbelly masih belum disematkan. 

Meskipun begitu tampilan dari Yamaha Xabre ini sebenarnya masih terlihat terlalu mungil. Hal ini kami rasa menjadi salah satu kekurangan dari Yamaha Xabre ini. Namun untuk menutupi kekurangan ini Yamaha juga tidak kehabisan akal. 

Tampilan silinder kecil yang mirip dengan Yamaha Vixion ini ditutup menggunakan penutup mesin yang disambungkan hingga shroudnya.

Panel Speedometer Yamah Xabre 150 yang Canggih


Sekarang kita akan mulai membahas mengenai penampilan panel speedometer dari Yamaha Xabre 150. Motor ini memiliki panel speedometer yang cukup modern. 

Walaupun begitu konsep minimalis memang tetap dipertahankan pada tampilannya. Speedometer ini juga semakin mendukung kesan sporty yang ingin diusung oleh Yamaha Xabre 150 ini. 

Apalagi panel speedometer yang mengusung konsep full digital semakin membuatnya nampak modern.
 Panel ini menggunakan desain frame elips dan menggunakan model dasar persedi panjang. Panel speedometer ini diletakkan pada bagian atas tengah kepala Yamaha Xabre 150. 

Penampilan Yamaha Xabre 150
Penampilan Yamaha Xabre 150

 Pada bagian panel ini terdapat sebuah cluster yang digunakan untuk mendisplay tampilan speedometer, trip meter, dan juga odometer. 

Di bagian sampingnya terdapat indikator lampu sen dan juga indikator lampu utama. 

Tidak lupa motor ini juga sudah dilengkapi dengan penunjuk penggunaan bahan bakar yang akan membantu pengendaranya untuk memperkirakan bahan bakar yang masih tersia. 

Sehingga bisa kita simpulkan bahwa walaupun masih mengusung konsep minimalis pada panel dasbornya, Namun Yamaha Xabre 150 memiliki penampilan dasbor yang tetap modern.

Dimensi Yamaha Xabre 150 yang Besar Namun Tetap Ringan

Pada bagian ini kita akan mulai untuk membahas mengenai dimensi dari Yamaha Xabre 150. 

Ukuran fisik dari Yamaha Xabre 150 sendiri terlihat seperti motor-motor tipe street fighter pada umumnya yaitu cenderung besar dan bongsor. 

Ukuran matematis dari Yamaha Xabre 150 ini adalah 795 x 1955 x 1065 mili meter. Perawakan ini bisa dikatakan terlalu besar untuk ukuran orang-orang Indonesia yang berukuran tubuh tidak terlalu besar. 

Namun, anda tidak perlu khawatir jika motor ini nantinya akan memiliki bobot seberat tipe-tipe motor gedhe. Pasalnya Yamaha Xabre 150 hanya mengusung mesin yang tidak terlalu besar. 


Dimensi Yamaha Xabre150
Dimensi Yamaha Xabre150

Motor ini memiliki berat mencapai 135 kg saat motor ini sudah berisi bahan bakar dan juga oli. 

Tentunya tidak terlalu berat untuk sebuah motor street fighter. Untuk ground clearance nya Yamaha Xabre 150 memiliki ukuran 164 mili meter sedangkan untuk seat height Yamaha Xabre 150 memiliki ukuran 805 mili meter.

Bagi anda yang memiliki hobi touring tentunya Yamaha Xabre 150 ini akan sangat nyaman digunakan untuk bermanuver dan menempuh jarak yang cukup jauh. Akseslerasi Yamaha Xabre 150 di jalan raya pun juga cukup bisa diacungi jempol. 

Sepertinya motor ini memang sudah didesain sedemikian rupa untuk digunakan di jalanan dan begitu nyaman digunakan.

Suspensi Yamaha Xabre 150 yang Asik dan Nyaman

 Setelah membahas mengenai tampilan dan juga ukuran dari Yamaha Xabre 150, saatnya kini kita membahas mengenai kaki-kaki serta suspensi yang disematkan pada motor ini.

Bisa dikatakan bahwa salah satu keunggulan dari Yamaha Xabre 150 terletak pada bagian kaki-kakinya. 

Keunggulan ini bahkan tidak dimiliki oleh tipe-tiepe motor sport kelas 150 cc lain di Indonesia.

 Untuk urusan kerangka yang digunakan, Yamaha Xabre 150 masih mengusung konsep rangka deltabox teleskopik yang sama dengan motor Yamaha R15 ayaupun Yamaha Vixion.

Tipe rangka yang mengadaptasi dari rangka yang digunakan pada Yamaha R 15 ini terkenal cukup stabil dan juga memiliki kualitas yang tinggi.

Pada bagian suspensinya, Yamaha Xabre 150 menggunakan tipe suspensi kelas atas varian Up Side untuk bagian depannya, tipe suspensi ini juga sering dikenal dengan istilah USD. 

Tipe suspensi USD memiliki keunggulan yaitu dapat disesuaikan ukuran tingginya dengan kontur jalan yang dilewati. 

Sedangkan untuk sistem suspensi pada bagian belakang Yamaha Xabre 150 menggunakan tipe suspensi shock tunggal yang terasar nyaman saat digunakan untuk berkendara berdua.

Untuk bagian pengeremannya, Yamaha Xabre 150 menggunakan sistem pengereman standar yaitu tipe single disc, ini merupkan tipe pengereman cakram untuk bagian belakang dan depan. 

Selanjutnaya pda sektor ayunan lengan, Yamaha Xabre 150 menggunakan swing arm tipe aluminium memakai banana style yang semakin menambah kesan racing pada motor ini. 

Selain itu kehadirannya juga semakin menciptakan kesan kokoh untuk bagian kakinya. 

Sementara untuk ban yang digunakan Yamaha Xabre 150 mengusung tipe ban berukuran 110/70 – 17 M dan juga 130/70 – 17 M. 

Ban ini dibalurkan pada velg keren dengan ukuran 17M / C-MT 3.50 pada bagian depannya dan menggunakan velg berukuran 17 M / C-MT 2.75 pada bagian belakang.

Mesin Yamaha Xabre Berkapasitas 150 cc dengan Silinder Tunggal

Nah kini kita akan mulai membahas mengenai dapur pacu dari Yamaha Xabre 150. 

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai tampilan dan juga ukuran dimensi dari motor ini. Tentunya dimensi gagah dari Yamaha Xabre 150 ini juga didukung dengan kualitas mesin yang mumpuni. 

Pada bagian jeroan motor ini digunakan mesin yang mengadaptasi dari mesin motor saudaranya yaitu Yamaha Xabre 150. 

Mesin ini memiliki kubikasi 149 cc dengan spesifikasi mesin 4 langkah. Pada mesin ini digunakan silinder tunggal tipe SOHC dengan empat katub. 

Sedangkan untuk pendingin Yamaha Xabre 150 memilih menggunakan sistem pendingin carian atau liquid cooled.

Dengan spesifikasi mesin ini Yamaha Xabre 150 memiliki tenaga hingga mencapai 12.2 kW untuk putaran yang mencapai 8500 rpm. 

Sedangkan untuk torsi maksimumnya, Yamaha Xabre 150 mampu mencapai 14.3 Nm di puataran 7500 rpm. 

Nah, tentunya karena mesin dari Yamaha Xabre 150 adalah pengadaptasian dari mesin Yamaha YZF 15 tentunya tenaga yang dihasilkan ini tidak terlalu berbeda dengan Yamaha YZF R15. 

Pengadaptasiannya ini juga diterapkan pada sistem transmisinya, Yamaha Xabre 150 mengusung sistem transmisi enam percepatan dan berbeda dengan pada Yamaha Vixion yang menggunakan sistem transmisi 5 percepatan.

Untuk mendukung mesin yang digunakan, Yamaha Xabre 150 menggunakan sistem penyuplai bahan bakar tipe Injeksi yang membuatnya menjadi hemat bahan bakar dan juga lebih ramah terhadap lingkungan. 

Sedangkan untuk kompresi mesin yang digunakan berukuran 10.4 : 1. 

Tentunya anda tahu bahwa mesin dengan perbandingan kompresi mesin seperti ini akan lebih maksimal jika menggunakan bahan bakar beroktan tinggi seperti pertamax. 

Mesin yang diusung oleh Yamaha Xabre 150 sepertinya lebih fokus pada tarikan awal yang diberikan, mengingat bahwa mesin ini akan kalah percepatannya dengan mesin tipe DOHC.

Fitur Yamaha Xabre 150 yang Keren

Selanjutnya kita akan membahas megenai fitur yang disematkan pada motor Yamaha Xabre 150. Tentunya Yamaha juga tidak main-main dalam mempersiapkan fitur yang disematkan pada motor ini. 

Walaupun memang untuk fitur yang ditawarkan sebenarnya tidak lah terlalu ramai. Mengingat motor ini merupakan salah satu tipe motor biers pemula. 

Namun untuk fitur-fitur standar sudah disematkan pada motor ini seperti halnya banana swing arm, lampu tipe LED, digital speedometer dan beberapa fitur penunjang lainnya.

Untuk fitur penampungan bahan bakar, Yamaha Xabre 150 memiliki kapasitas hingga mencapai 10.2 liter. Selanjutnya, Yamaha Xabre 150 juga dilengkapi dengan fitur penunjang MT-Switch. Fitur ini biasanya disematkan pada motor tipe MT series. 

Dengan adanya fitu ini anda akan bisa menyalakan motor tanpa menggunakan kunci. Jika anda mengamati tampilan dari Yamaha Xabre 150 anda akan mendapati bahwa tidak terdapat start listrik pada bagian switchargearnya. 

Secara keseluruhan bisa dikatakan bahwa Yamaha Xabre 150 memang berhasil menghadirkan tampilan motor street fighter yang keren dan juga futuristic.

Jika anda ingin melihat review Yamaha Xabre 150 dalam bentuk video anda bisa melihat video di bawah ini, namun jika anda kurang berkenan, silakan lewati bagian ini.

Kelebihan Yamaha Xabre 150

  • Memiliki Desain Futuristik yang keren
  • Memiliki fasilitas MT series
  • Bisa menghidupkan Mesin tanpa menggunakan tombol start
  • Memiliki sistem pengereman yang aman
  • Perpindahan gigi nyaman 
  • Memiliki sistem suspensi yang empuk
  • Memiliki Value ridding yang beda

Kelemahan Yamaha Xabre 150

  • Menggunakan mesin SOHC yang kalah akselerasinya dengan tipe mesin DOHC
  • Masih banyak mengadaptasi tampilan dari Yamaha YZF R15
  • Perlu penyesuaian karena sistem ridingnya beda dengan motor tipe naked lainnya
  • Posisi klaskonnya berbeda
  • Ban bagian belakang lebih mudah slide
  • Suspensi pada bagian belakang cukup keras
  • Ukurannya terlalu tinggi bagi anda yang memiliki postus pendek.

Rangkuman Spesifikasi Yamaha Xabre 150


Mesin Yamaha Xabre 150
  • Tipe: 4 langkah berpendingin cair, SOHC
  • Kapasitas Silinder: 150 cc
  • Bore x Stroke: 57 mm x 58,7 mm
  • Rasio kompresi: 10,4 : 1
  • Sistem suplai: Fuel Injection
  • Pendingin: Pendingin Cairan
  • Sistem starter : starter elektrik
  • Kapasitas oli mesin: 1,15 liter (berkala 0,95 liter)
Transmisi
Yamaha Xabre 150
  • Tipe Transmisi : Return 6 Kecepatan
  • Pola Transmisi : 1-N-2-3-4-5-6
  • Kopling: Manual, Basah, Multiplat
Dimensi
Yamaha Xabre 150
  • P x L x T: 1,955  x 795 x 1,065 mm
  • Radius putar maksimum: 2400 mm
  • Jarak sumbu roda: 1,350 mm
  • Jarak terendah ke tanah: 164 mm
  • Ketinggian jok: 790 mm
  • Berat basah: 135 kg
  • Kapasitas tangki: 10,2 liter
Rangka / Suspensi
Yamaha Xabre 150
  • Tipe: Deltabox
  • Suspensi Depn : Upsidedown 37 mm
  • Suspensi Belakang Monoshock with banana swingarm
  • Ban depan: 110/70-17
  • Ban belakang : 130/70-17

Harga Yamaha Xabre 150

Setelah membahas mengenai berbagai tampilan yang dimiliki oleh Yamaha Xabre 150 kini kita akan mulai memasuki pada pembahasan mengenai harga dari motor ini. 

Memang untuk urusan tampilan sebenarnya tipe motor ini masih mengusung tampilan platform yang mirip dengan motor Yamaha M-Slaz versi Thailand, tetapi perusahaan Yamaha sendiri sudah menyampaikkan bahwa motor ini benar-benar berbeda dengan saudaranya itu. 

Tampilan liar dari Yamaha Xabre 150 benar-benar berhasil ditampilkan mengingat bahwa motor ini merupakan salah satu varian motor street fighter. 

Lalu untuk mesin yang digunakan juga masih mengadaptasi mesin yang digunakan pada motor Yamaha R 15.

Nah tentunya anda sudah semakin penasaran mengenai harga yang dibandrolkan untuk motor Yamaha Xabre 150 ini. Langsung saja kita tampilkan harga yang dibandrolkan untuk motor ini.

Yamaha Xabre 150 dibandrol dengan harga mencapai Rp28.900.000 atau lebih enak dikatakan bahwa harga dari Yamaha Xabre 150 adalah Rp29 juta. 


Harga Yamaha Xabre 150 Baru
  • Rp.29.800.000,-

Dari pembahasan kami sebelumnya mengenai Yamaha R15 tentunya anda tahu bahwa harga ini memang tidak terpaut terlalu jauh dengan Yamaha R15.

Tentunya hal ini akan menjadikan keduanya duduk sejajar pada kelas motor high end. 

Melihat banrol harga ini sepertinya menampik prediksi semula yang memperkirakan bahwa Yamaha Xabre 150 akan menyaingi pasaran motor tipe Byson FI ataupun New V-xion. 

Ternyaja harga dari Yamaha Xabre 150 malah masih berada diatas kedua motor andalah Yamaha tersebut. Nah demikian tadi uraian kami mengenai motor Yamaha Xabre 150. 

Jangan lewatkan juga ulasan lengkap kami tentang motor Yamaha New Vixion dan Yamaha YZF R15

Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Terbaru Yamaha Xabre 150 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania